Senin, 22 September 2014

Harus Ada Evaluasi Rutin Dari Dinkes Kota Sorong Terkait Obesitas


Ditemui usai kegiatan Sosialisasi Tentang Pencegahan Dampak Obesitas (kegemukan) bagi kaum ibu Jemaat GPI Jalan Suci se-Sorong Raya yang dilaksanakan pihak Puskesmas Tanjung Kasuari-Kota Sorong(22/09), Ketua Diakonia GPI Jalan Suci-Sorong,Petrosina Bowaire-Bless,menyatakan kedepan harus ada evaluasi maupun sosialisasi rutin oleh Dinas Kesehatan Kota Sorong demi memberikan pemahaman bagi anggota Jemaatnya dalam menjaga kesehatan.

"..Harapan saya supaya jangan sampai disini saja tetapi kalau boleh selalu ada evaluasi rutin dari Kepala Puskesmas atau Dinas Kesehatan untuk turun kepada Jemaat-jemaat dimana saja untuk memberikan pemahaman khususnya bagi kaum ibu..," harap Petrosina.


Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Puskesmas Tanjung Kasuari Kota Sorong, Yanto Jumame, SKM, M.Kes, mengatakan selain untuk memberikan pemahaman bagaimana terjadinya Obesitas serta tips pencegahannya, kegiatan sosialisasi tersebut juga didasarkan pada observasi kualitatif dimana 30 - 40% kaum ibu saat ini mengalami obesitas.


"..Kegiatan yang dilakukan adalah pencegahan penyakit kegemukan (Obesitas) karena secara observasi kualitatif dapat dilihat bahwa kurang lebih 30-40% ibu-ibu yang mengalami obesitas...," terang Jumame.


Yanto Jumame juga menjelaskan bahwa dampak dari obesitas tersebut dapat memicu timbulnya penyakit jantung koroner yang merupakan penyakit "pembunuh' no.1 di Indonesia saat ini.

Tidak ada komentar: